09 February 2013

Follow Up Gelatik Part 2



Hari Kedua, 27 Mei 2012, pukul sekitar 04.30 saya terbangun dari tidur pulas dan sepertinya saya yang bangun pertama kali. Udara dingin menusuk-nusuk kaki saya yang tidak terbungkus kaos kaki. Segera saya bangun dari tempat tidur karena ingin pergi ke kamar mandi, namun ketika membuka pintu kamar banyak manusia berceceran tidur dilantai (haduuh kakak-kakak ku kasihaan). Niat saya batalkan, bermaksud agar tidak mengganggu tidur mereka.
Sambil menunggu semuanya terbangun, saya duduk geje ditempat tidur. Setelah semuanya terbangun dan melakukan persiapan, kurang lebih pukul 06.30 kami memulai pengamatan menuju ke Plawangan. Berangkat ramai-ramai menuju puncak plawangan (:D) lebih ramai daripada hari pertama yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu. Burung-burung yang ditemukan bermacam-macam, namun yang masuk dalam data saya adalah
1.     Sri Gunting, ditemukan sedang nangkring diatas pohon.
2.  Takur, saya tidak tau jenisnya dengan warna muka hitam, seperti memiliki kumis didekat paruhnya, dan warna bulu sayap hijau sedang nangkring diatas pohon cukup lama.
3.    Madu Gunung, dapat diamati kira-kira pada jarak kurang dari 3 meter, terbang kesana kemari mencari makan. Sungguh mengasikkan.
4.  Ciu Besar, berpindah-pindah cabang pohon sambil berkicau-kicau. Kata maz Juqi kicauannya yang bagus menjadi ciri khas burung ini.
5.   Ciu Kunyit, berpasangan sedang bermain-main salah satu cabang pohon, diamati dengan jarak yang cukup dekat.
6.  Walik Kepala Ungu, ditemukan lagi nangkring di atas pohon, lebih dari 5 ekor jantan dan betina.
7.  Elang/Raptor, sekitar pukul 09.00 lebih, dua ekor sedang terbang kemudian hinggap sarangnya. Jenis tidak bisa diketahui karena jaraknya yang jauh dan siluet. Sempat membuat heboh semuanya, dan saya juga (hehehe #kewawa geli, pada ga’ pernah liat Raptor yah).
8. Sikatan Belang, berwarna hitam putih ditemukan dipuncak Plawangan dan satu-satunya burung yang saya jepret dihari kedua ini.



Dari sekian banyak anggota BIONIC yang naik, hanya “Kami” (saya, Ekky, Mb Mun, Mb Novi, Mb Emi, Mb Cinun, mb Aul, Maz Arif, Maz Praja dan sepertinya ada Maz Adin) yang sampai dipuncak Plawangan pertama kali. Puas menikmati pemandangan dipuncak Plawangan, kami turun dan bertemu rombongan yang lain yang masih asik berada dititik dimana dilihat Raptor dan Walik Kepala Ungu yang pada saat itu juga masih banyak yang bertengger.
Kami berhenti sebentar dan setelah itu tanpa Maz Praja melanjutkan perjalanan turun. Dan semakin lama Mb Mun menghilang dari belakang Kami. Kemudian di susul Maz Adin. Hampir sampai bawah “Kami yang tersisa” bertemu rombongan Mb Nidhi, Mb Yuyun dkk dan Maz Hafiz, Maz Abdu, Maz Zul yang baru akan naik (laaahhh?). Setelah beristirahat dan mengobrol sebentar (sambil minta minum yang pada saat itu saya hampir dehidrasi, terimakasih Maz Hafiz ^o^) “Kami yang tersisa” melanjutkan perjalanan turun.
Tiba-tiba, “kusrak kusrakkk !! bruuukk.” muncul Maz Wahab yang turun melalui jalan yang tidak benar (jalan pintas) dengan kemiringan hampir 90o. Kemudian muncul dua anak kecil (laki-laki) dan mencoba naik menemui ibu dan adiknya yang sedang berjualan diatas melewati jalan yang tidak benar itu (gara-gara melihat Maz Wahab). Kami sudah memperingatkan kedua anak tersebut namun mereka tetap mencobanya. Kami terhenti memperhatikan dua anak kecil tersebut sambil berjaga-jaga dibawah jika mereka terjatuh. Belum sampai setengah jalan mereka menyerah dan kembali turun dibantu Maz Arif. (“Sekarang lewat jalan yang benar dulu ya, Nak ! besok kalau udah kuliah ambil jurusan Biologi (:D),” kata saya dalam hati)
Kami yang sekarang ditambah Maz Wahab menuju Wisma Sono Reno. Sampai disana kami beristirahat sembari menunggu yang lainnya kembali. Setelah semuanya sudah berkumpul dan siap untuk pulang (waktu menunjukkan hampir jam 13.00), saya malah merasa tidak mau pulang karena sudah nyaman disana bersama keluarga besar KPB BIONIC (so sweet banget dah).
Namun bagaimana pun juga kami harus segera pulang sebelum diusir pemilik wisma (hehe). Saya dan Ekky pun pulang dengan selamat. Alhamdulillah.
Terimakasih kepada semua keluarga besar KPB BIONIC yang telah mengajarkan saya banyak hal mengenai burung, pengamatan dan kebersamaan melalui Follow Up Gelatik ini. Big THANKYOU kepada keluarga baru saya (:D)

No comments:

Post a Comment